Kamis, 08 November 2012

MODUL


Modul 1.
(Dea Ladysia Maharani - 21070112110041)


     1.      Visual Basic 2010 adalah bahasa pemograman yang berpusat pada objek (Object        Oriented Programming) digunakan dalam pembuatan aplikasi Windows yang berbasis Graphical User Interface.

2.      Visual Basic di temukan oleh John J. Kemeny dan Thomas E. Kurtz pada tahun 60-an. Kegunaan Visual Basic adalah untuk membuat program dalam bahasa pemograman.

3.      Pada tahun 2010 Microsoft merilis Visual Basic 2010 (VB 10.0) yang merupakan bagian dari visual studio 2010 dengan NET Framework. [http://tutorialvb6.blogspot.com/p/tentang-vb.html]

4.      Macam-macam bahasa pemograman :
a.      Bahasa Java (sebuah teknologi yang diperkenalkan sun microsytem)
Kelebihannya yaitu bahasa sederhana, berorientasi objek, ampuh dan aman.
Kekurangannya yaitu kecepatannya kurang jika dibandingkan dengan bahasa C++, program yang dibuat lebih lambat jika dibandingkan dengan program bahasa lain.
b.      Bahasa C++ (bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne stroustrup tahun 1983)
               Kelebihannya yaitu semua kelebihan dari C dengan tambahan penanganan 
               kompleksitas dengan OOP yang utama.
Kekurangannya yaitu kurangnya library built in, bahasa C++ masih kurang terkenal karena kita dari sisi mesin dibandingkan pemikiran probis yang seharusnya menjadi tujuan.
c.       Bahasa Pascal (di buat pertamakali oleh prof. Niklous Wirth pada tahun 1971)
Kelebihannya sederhana dan ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Kekurangannya adalah tidak mendukung pemrograman yang berorientasi objek.
d.      Bahasa COBOL (digunakan untuk membuat aplikasi bisnis data dan database)
Kekurangannya adalah mempunyai operasi masukan dan pengeluaran yang masih kaku.
Kelebihannya adalah bersifat standard sehingga bisa digunakan di berbagai komputer tanpa banyak perbedaan.
e.      Bahasa PHP (yang didesain untuk web oleh Ramus Lerdford pada akhir tahun 1994)
Kelebihannya adalah sudah banyak tersedia aplikasi yang gratis
Kekurangannya adalah tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logic yang baik.

5.      Flowchart mempunyai 5 macam jenis, yaitu :
a.      System Flowchart
Merupakan bagan yang menunjukan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.
b.      Document Flowchart
Merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
c.       Schematic Flowchart
Merupakan bagan alir untuk menggambarkan prosedur dari sistem menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan.
d.      Program Flowchart
Merupakan bagan alir yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program.
e.      Process Flowchart
Merupakan bagan alir yang digunakan di teknik industri. Bagan ini berguna bagi analisis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur. [http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/]

6.      a. Button               : untuk menampilkan sebuah tombol dari sebuah aplikasi
      b. Listbox               : untuk menampilkan sekumpulan item
      c. Imagelist           : untuk menyimpan kumpulan gambar
      d. Groupbox          : sebagai container dari komponen lain
      e. Label                 : untuk menampilkan huruf atau text dalam aplikasi
      f. Line                    : untuk membuat garis dan macam-macam variasi
      g. Pointer              : untuk menunjuk control, layaknya mouse pointer.
      h. Trackbar            : untuk memilih suatu nilai yang ada di range tertentu
      i. Font Dialog         : untuk memilih font dari suatu kotak dialog
      j. Color Dialog       : untuk memilih warna dari suatu kotak dialog

7.      Tipe data ada  4, yaitu :
a.      Tipe data sederhana          : merupakan sebuah standar bahasa pemprograman.
b.      User-Defined Data Type   : merupakan sebuah tipe data dari jangkauan tipe data lain.
c.       Subrange type                  : merupakan sebuah data yang tersetruktur.
d.      Array                                : merupakan data yang berisi dari beberapa data yang di tampung dalam variabel.
e.      Record                              : merupakan data yang menampung beberapa data yang berbeda.
8.      Algoritma adalah suatu runtutan perintah atau sebuah pekerjaan untuk melakukan sesuatu.
9.      IDE dalam Visual Basic adalah merupakan lingkungan/tools yang digunakan oleh programer untuk mengembangkan program tersebut dan digunakan untuk membuat user interface, koding dan testing.
10.  Flowchart (bagan air) adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Flowchart digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan dokumentasi.  [http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/01/13/analisis-sistem-informasi-pedoman-membuat-flowchart/#more-1532]

11.  Pembuatan interface dan algoritma program kata hello word dan program konversi suhu.
                 
                  Program Hello
            (*program penulisan Hello Word*)
            var
            I = integer
            Begin
            WriteIn ('Hello, Word')
            End


           Konvensi Suhu
                 1. Mulai program
                 2. Masukkan nilai suhu dalam C
                 3. Proses suhu dalam C ke K dengan rumus K = C + 273
                 4. Cetak Hasil
                 5. Selesai






Modul 2
(Zainal Arifin - 21070112130085)


 
1.      Operator : sebuah tanda yang memiliki arti tertentu.
2.      Operator aritmatika : operatoe yang digunakan untuk perhitungan matematis.
a.       Penjumlahan
b.      Pengurangan
c.       Perkalian
d.      Pembagian
e.       Mod
3.      Var : mengubah sebuah data awal menjadi data numeric.
       Round : untuk membulatkan angka.
       Sqr : untuk mencari sebuah akar kuadrat dari sebuah nilai n.
4.      Operator aritmatika : operator yang digunakan untuk operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
      Operator perbandingan : operator yang di gunakan untuk operasi hubungan, antara satu dengan yang lain, dan untuk membandingkan satu sama lain.
5.      Algoritma bilangan ganjil atau genap
1)      Masukan bilangan i
2)      Lakukan i dibagi 2 samadengan n
3)      Jika n=0 maka genap, juka tidak maka ganjil
4)      Cetak hasil
5)      Program selesai.
6.      Flowchart dan Interface


7.      Algoritma menghitung luas lingkaran :
a.       Masukan nilai jari-jari=r
b.      Inisialisakan phi=3,14
c.       Luas = phi*r*r
d.      Cetak hasil
e.       Program selesai
            Algoritma luas segitiga
a)      Masukan i= alas dan t=tinggi
b)      Luas = i*t*0,5
c)      Cetak hasil
d)     Selesai
Algoritma luas kubus
a)      Masukan nilai sisi=s
b)      Luas = s*s*6
c)      Cetak hasil
d)     Selesai
      Algoritma luas balok
a)      Masukan panjang=p dan lebar=l dan tinggi=t
b)      Luas = 2*(p*l+p*t+l*t)
c)      Cetak hasil
d)     Selesai
8.      Additem : menambah item/properti
       Text : tulisan atau kata.
       Ekspresi : ungkapan perasaan
       Mod : sisa pembagian
9.      Double : variabel yang memiliki nilai pecahan.
      String : tipe data berupa huruf.
      Integer : tipe data berupa bilangan bulat.
      Single : variabel yang menampung nilai pecahan.
10.  Terdapat menu potongan dan total yang berjenis double
       Terdapat juga menu  harga dan jumlah yang berjenis integer
       Potongan adalah hasil dari (harga dikali jumlah dikali diskon) dibagi 100
       Total adalah (harga dikali jumlah) di kurangi potongan.




Modul 3
(Farandy A. D. - 21070112140128)




1.      Sekelompok perintah yang terpisah, apabila perintah satu di eksekusi maka akan berlanjut ke perintah dua, dan seterusnya.
2.      Prosedur yang mempunyai kelebihan. Karena fungsi juga melakukan suatu aksi.
Contoh :
Function Hitung Sisa hari Libur (Byval tgl_libur As integer) As Integer
Dim sisa Hari As Integer
Sisa Hari = 20-tgl_libur
Return Sisa Hari
End function
3.      Procedure : tidak melakukan sebuah aksi.
Function : melakukan sebuah aksi.
4.      Byval : merupakan sebuah cara untuk melewatkan sebuah argumen ke sebuah procedur/langkah/cara dengan melewatkan alamatnya.
Byref :merupakan sebuah cara melewatkan sebuah alamat ke sebuah procedur dengan melewatkan nilainya.
Perbedaan lainya, pada byval variabel yang akan dilewatkan pada sebuah argumen bisa menggunakan sebuah tipe data yang berbeda.
5.      Suatu operator yang digunakan untuk membandingkan antara satu value dengan value lain dan antara variabel dengan variabel lain, contoh : “<”,”>”.
6.      Suatu operator yang digunakan untuk menyatakan kondisi, seperti : if,,,,then.
7.      Suatu operator yang digunakan untuk mengulang perintah, seperti : for .... next...
8.      For  [i]=1 to 100 do
Write “ I Love You”
            Endfor
9.      Buatlah interface flowchart dan algorithma gaji pegawai
analisis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar